PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI KELAS VII MTs NEGERI 02 BENGKULU UTARA

Downloads

Downloads per month over past year

ISNAINI, NABILA (2025) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI GEOMETRI KELAS VII MTs NEGERI 02 BENGKULU UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text (SKRIPSI)
NABILA ISNAINI_2111280034.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Apakah pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika pada materi geometri dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bengkulu Utara. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan representasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi experimental design dengan pendekatan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes essay (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa tes yaitu soal uraian. Hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik memperoleh N-Gain skor 0.687 < 0,7 maka pembagian N-Gain skor masuk dalam kategori sedang dan tafsiran efektivitas N-Gain skor 68.70 < 70 maka termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil uji t Independent Sampel T-Test didapatkan hasil 0,01 (sig,2-tailed), dan nilai ini lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Maka hipotesis yang diajukan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan metode matematika realistik berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa, dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni2014079102UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Matematika Realistik, Etnomatematika, Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:13
Last Modified: 09 Sep 2025 04:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year