PENGARUH METODE GLOBAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 200 BENGKULU UTARA

Downloads

Downloads per month over past year

NINGRUM, SANIA DEWI KUSUMA (2025) PENGARUH METODE GLOBAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NEGERI 200 BENGKULU UTARA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text (Skripsi)
SANIA DEWI KUSUMA NINGRUM_2111240023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sania Dewi Kusuma Ningrum, dengan NIM 2111240023, mengangkat judul penelitian “Pengaruh Metode Global Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Negeri 200 Bengkulu Utara” dalam program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini dipimpin oleh ibu Dr. Aziza Aryati, M. Ag sebagai pembimbing I dan ibu Resti Komala Sari, M. Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode global terhadap keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri 200 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain preeksperimental jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa kelas I yang merupakan gabungan kelas 1A dan 1B. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t berpasangan. Rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah H₀ : tidak terdapat pengaruh metode global terhadap keterampilan membaca permulaan; H₁ : terdapat pengaruh metode global terhadap keterampilan membaca permulaan. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai sebesar 62.87 dan meningkat menjadi 77.14 pada posttest. Hasil ujit menunjukkan nilai sebesar 9.25, lebih besar dari sebesar 2.04 (α = 0.05; dk = 32). Dengan demikian, H0 ditolak dan H₁ diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode global berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar dan dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005102007UNSPECIFIED
Thesis advisorSari, Resti Resti Komala198803202023212038UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca, Metode Global, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:42
Last Modified: 09 Sep 2025 07:33
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year