PERAN GURU DALAM MEMBIMBING ANAK DISLEKSIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN 35 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

LARASATI, R RINDU (2025) PERAN GURU DALAM MEMBIMBING ANAK DISLEKSIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN 35 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_RINDU.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text (Skripsi)
RINDU LARASATI R_2111240136.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Jenis disleksia yang paling dominan, faktor yang menyebabkan timbulnya gangguan disleksia dalam pembelajaran yang meliputi membaca dan untuk menjelaskan proses pelaksanaan bimbingan individual dalam mengatasi kesulitan belajar disleksia kelas III di SDN 35 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengalami disleksia yang merupakan siswa kelas 3 di SDN 35 Kota Bengkulu yang berjumlah dua orang siswa laki-laki yang bernama Al Ghazio Putra dan Juan Hambadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Jenis disleksia yang paling dominan pada siswa kelas 3 yaitu jenis disleksia verbal atau linguistik, disleksia ini terjadi akibat dari gangguan bahasa yang ditandai dengan kesulitan dalam persepsi auditoris (2) Faktor yang menyebabkan timbulnya gangguan disleksia dalam pembelajaran yang meliputi membaca pada siswa kelas 3 yakni faktor pendidikan dan faktor psikologis. (3) Proses pelaksanaan bimbingan individual dalam mengatasi kesulitan belajar disleksia SDN 35 Kota Bengkulu belum berjalan secara formal dan terstruktur. Namun, guru berupaya memberikan pendampingan secara informal dengan metode pengajaran yang adaptif dan pendekatan personal agar siswa tidak tertinggal. Keterbatasan tenaga ahli dan sarana menjadi kendala utama yang perlu diatasi agar bimbingan individual dapat berjalan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Membimbing, Disleksia, Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:14
Last Modified: 09 Sep 2025 07:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year