PENGARUH PENGGUNAAN METODE BELAJAR SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK KELAS 1 DI MIS AL-ISLAM KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

DHITA, NABILA RIANA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BELAJAR SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK KELAS 1 DI MIS AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (434kB)
[img] Text (Skripsi)
NABILA RIANA DHITA_2111240148.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode belajar Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) AlIslam Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar Bahasa Indonesia, khususnya membaca dan menulis permulaan. Metode SAS yang menekankan pada penguraian, analisis, dan penyatuan kembali struktur kata dan kalimat diharapkan dapat menjadi solusi efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 1 MIS Al-Islam Kota Bengkulu yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang diajar dengan metode SAS dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar Bahasa Indonesia, observasi, dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 1 yang diajar menggunakan metode SAS dibandingkan dengan siswa yang diajar secara konvensional. Hal ini mengindikasikan bahwa metode SAS efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Azizah197212122005102007UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Struktur Analitik Sintetik, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia, Siswa SD
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:29
Last Modified: 09 Sep 2025 07:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year