IMPLEMENTASI METODE BAGHDADIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MI PLUS JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KHORIDAH, NAVISATUL (2025) IMPLEMENTASI METODE BAGHDADIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MI PLUS JÂ-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text (Skripsi)
NAVISATUL KHORIDAH_2111240080.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Metode Baghdadiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MI Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu, serta untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran tersebut terhadap para siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk menggambarkan situasi sosial secara apa adanya melalui pengumpulan data yang diperoleh dari lingkungan alami. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, di mana peneliti langsung turun ke lokasi untuk mengamati dan memahami fenomena yang terjadi dengan bantuan teori sebagai pedoman agar fokus penelitian tetap relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Baghdadiyah di MI Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada siswa pemula. Metode ini unggul dalam penguasaan tajwid, makhraj, serta pengenalan huruf dan harakat secara sistematis, dengan dukungan guru yang kompeten. Kendala utama dalam pelaksanaannya adalah keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan belajar siswa. Untuk mengatasinya, madrasah melakukan evaluasi rutin dan mengupayakan penyampaian materi yang saling terhubung antara membaca dan menulis agar pembelajaran lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz1985042920115031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Bahgdadiyah, Pembelajaran AlQur’an
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:46
Last Modified: 09 Sep 2025 07:55
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year