STRATEGI GURU SENTRA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK ISLAM TERPADU BAITUL IZZAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANANDA, FIRLI ERSA (2025) STRATEGI GURU SENTRA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK ISLAM TERPADU BAITUL IZZAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
1. DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (113kB)
[img] Text (Skripsi)
FIRLI ERSA ANANDA (2111250053).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian sebagai salah satu aspek perkembangan anak usia dini dimana ditemukan masih terdapat anak-anak yang menunjukkan ketergantungan terhadap guru saat kegiatan pembelajaran sentra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah guru sentra dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru sentra dalam meningkatkan kemandirian anak melalui metode problem based learning dilakukan dengan memberikan kesempatan pada anak dalam memilih, memberikan kegiatan yang bersifat nyata, menanamkan pemahaman positif dan dukungan emosional serta melatih kebiasaan rapi pada anak. Faktor penghambat yang dihadapi guru antara lain adalah keterbatasan bahan ajar, kesiapan belajar siswa dan ketidakonsistensinan pembiasaan di rumah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, solusi yang dilakukan guru dengan mengombinasikan metode pembelajaran yang digunakan serta memperkuat jalinan komunikasi dan kerja sama dengan orang tua. Dengan penerapan strategi ini, anak-anak diharapkan dapat menunjukkan peningkatan dalam hal kemandirian, bertanggung jawab, mengambil keputusan, dan menyelesaikan tugas secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah, Aam19691122200032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kemandirian Anak, Pembelajaran Sentra, Metode Problem Based Learning
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:23
Last Modified: 10 Sep 2025 01:23
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year