PUTRI, MELINA DWI (2025) PENGUATAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA OLEH GURU AGAMA PADA SISWA DI SMAN 6 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MELINA DWI PUTRI_2111210116.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini menegaskan bahwa penguatan nilai-nilai moderasi beragama oleh guru agama pada siswa SMAN 6 Seluma. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan sosial dan intrakurikuler sekolah telah berhasil menumbuhkan nilai-nilai moderasi, seperti saling menghargai, menciptakan keharmonisan dan memperkuat sikap toleransi antar siswa meskipun berbeda keyakinan. Nilai-nilai moderasi yang ditanamkan mencerminkan semangat hidup berdampingan secara damai, meliputi toleransi, penghormatan terhadap keyakinan lain, serta persatuan dan kesetaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam upaya penguatan nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan oleh guru agama pada siswa di SMAN 6 Seluma. Moderasi beragama menjadi semakin krusial dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk untuk mencegah intoleransi, ekstremisme, dan konflik berbasis agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive dengan kriteria guru agama yang aktif dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Jumlah informan 12 siswa dan 4 orang guru. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tahapan keabsahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru agama di SMAN 6 Seluma menggunakan berbagai strategi dalam menguatkan nilai-nilai moderasi beragama, antara lain melalui integrasi dalam materi pembelajaran, penggunaan metode diskusi dan dialog yang inklusif, pemberian contoh dan teladan, serta kolaborasi dengan pihak sekolah dan masyarakat. Nilai-nilai moderasi beragama yang ditekankan meliputi toleransi, saling menghormati, keadilan, keseimbangan, dan penolakan terhadap segala bentuk kekerasan dan ekstremisme. Dampaknya terlihat pada perilaku siswa yang xii lebih inklusif dan berwawasan luas tentang ajaran agama yang damai. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman peran guru agama dalam penguatan moderasi beragama di SMAN 6 Seluma dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan program yang lebih efektif. Penelitian lebih lanjut dengan cakupan dan metode yang lebih komprehensif disarankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru Agama, Nilai-Nilai, Moderasi, dan Siswa. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year