PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VII SMP NEGERI 29 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

ANDRYAN, DEDY (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VII SMP NEGERI 29 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text (SKRIPSI)
DEDY ANDRYAN_2111210192.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar dikalangan siswa belum meningkat dikarenakan model pembelajaran kooperatif jigsaw belum berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis model pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada kelas VIII diSMP NEGERI 29 seluma. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus II, masing- masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 69,34 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 47,82%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82,69 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 82,60%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Jigsaw tidak hanya mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Seluma. Oleh karna itu dapat disarankan, untuk meningkatkan hasil belajar maka terapkanlah penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhairiah, Khairiah1968005191997032004UNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifin, Ahmad198006162015031003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:59
Last Modified: 10 Sep 2025 03:59
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year