PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MUTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SAPUTRA, ADI (2025) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MUTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA BENGKULU. Doktoral (S3) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (546kB)
[img] Text (Disertasi)
ADI SAPUTRA_1811770013.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai pelaksanaan penilaian pembelajaran PAl di sekolah perlu dilakukan. Hal itu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian oleh guru PAI di sekolah tidak hanya dilihat dari ranah kognitif, psikomotor saja. Akan tetapi harus menerapakan, mengutamakan ranah afektif. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Penilaian pembelajaran PAl disekolah tidak bisa dinilai dari segi kognitif dan psikomotor saja, tetapi dari segi afektif itu lebih utama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini berupaya menggambarkan fenomena yang ada secara alami dengan model studi kasus positif tentang model pengembangan pendidikan Islam multikultural di SMAN Kota Bengkulu. Data penelitian diperoleh dari sumber data dengan melalui; (1) wawancara (2) Observasi (3) Dokumentasi Prosedur pengembangan merupakan langkahlangkah atau tahapan-tahapan yang dilakukan dalam melakukan penelitian pengembangan Peneliti melakukan langkah-langkah pengembangan dalam 4 (empat) tahap, yaitu: (1) tahap define, (2) tahap design, (3) tahap develop, dan (4) tahap dessiminate. Hasil penelitian bahwa: Pertama, Guru melakukan Penilaian dalam pembelajaran PAI berbasis multikultural melalui pemberian kuis, ulangan harian penugasan, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Guru menggunakan teknik tes dan nontes dalam melakukan penilaian. Guru melaksanakan penilaian dengan teknik tes menggunakan soal uraian dan soal pilihan ganda. Soal uraian digunakan pada ulangan harian, ulangan tengah semester. dan ulangan semester. Kedua, Guru membutuhkan adanya model penilaian yang baru dalam pembelajaran PAI berbasis multikultural. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PAl dan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum memahami dengan baik karakteristik penilaian dalam pembelajaran PAI berbasis multikultural. Penilaian dalam pembelajaran PAJ berbasis multikultural semestinya dilakukan secara autentik dan secara integratif. Ketiga. Pengembangan model penilaian autentik integratif dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, penyusunan spesifikasi produk. penyusunan draf awal model, validasi draf model, dan uji coba model. Penyempurnaan draf awal dilakukan melalui dengan meminta saran dan masukan dari akademisi dan guru PAL. Luaran hasil validasi pakar diperoleh draf model penilaian autentik integratif dalam pembelajaran PAI yang secara konseptual sudah baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa guru PAI dapat menerapkan model penilaian autentik integratif dalam pembelajaran PAl berbasis multikultural direspon positif oleh guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Doktoral (S3))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSapri, YohanesUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAsiah, Asiah196510272003122001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Penilaian, Pembelajaran PAI, Berbasis Multikultural
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:29
Last Modified: 10 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year