PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKA -TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 55 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

AKROMAH, USTANDATUN DINIYAH (2025) PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKA -TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 55 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text (SKRIPSI)
USTANDATUN DINIYAH AKROMAH_2111210129.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media interaktif berbasis teka-teki silang pada mata pelajaran agama islam di sekolah dasar negeri seluma. Kajian ini membahas tentang pemanfaatan media interaktif berbasis teka- teki silang pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan apa saja kendala dan solusi pemanfaatan media interaktif berbasis teka-teki silang pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data,yaitu observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan ternik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data ( Display data), verifikasi data dan simpulan yang sesuai dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis teka- teki silang Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Teka-Teki Silang pada Mata Pelajaran PAI Di SDN 55 Seluma sangat efektif untuk Meningkatkan minat dan pemahaman siswa, Mendorong Partisipasi Aktif, Menguatkan Karakter Islami Melalui metode belajar yang kreatif. Kendala dalam pemanfaatan media interaktif berbasis teka-teki silang mencakup keterbatasan waktu, sarana teknologi, dan variasi kemampuan siswa. Namun, kendala- kendala tersebut dapat diatasi dengan strategi adaptif seperti penyesuaian materi, penggunaan media manual, pembelajaran kolaboratif, dan pemanfaatan aplikasi sederhana. Dengan pendekatan yang tepat, media TTS terbukti efektif dalam meningkatkan minat, pemahaman, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni1975000222003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi1981102212009011031UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Interaktif, Teka-Teki Silang, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:51
Last Modified: 10 Sep 2025 06:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year