STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA TANGGUNG JAWAB PADA ANAK DI PAUD SEJAHTERA DESA MARGA JAYA

Downloads

Downloads per month over past year

PIKRI, HIDAYANA ASI SARIPA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA TANGGUNG JAWAB PADA ANAK DI PAUD SEJAHTERA DESA MARGA JAYA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text (Skripsi)
HIDAYANA ASI SARIPA PIKRI_2111250031.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku atau usaha seseorang untuk melaksanakan sebuah pekerjaan atau kewajiban tanpa dorongan dan paksaan yang harus konsisten dalam perkataan dan perbuatan agar dapat dipercaya orang lain. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya rasa tanggung jawab sebagian anak di PAUD Sejahtera. Anak-anak menunjukkan perilaku seperti membuang sampah sembarangan, tidak merapikan alat tulis, dan tidak menyelesaikan tugas di dalam kelas. Hal ini menunjukkan pentingnya strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai tanggung jawab sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada anak di PAUD Sejahtera Desa Marga Jaya, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dilakukan pada Tanggal 17 Februari sampai 17 Maret 2025. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas B dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan empat strategi di PAUD Sejahtera Desa Marga Jaya yaitu menggunakan (1) memberikan teladan dalam berperilaku, (2) membiasakan anak melakukan tanggung jawab sederhana, (3) menetapkan aturan kelas yang konsisten, (4) memberikan tugas individu maupun kelompok, (5) memberi reward atau pujian sebagai penguatan positif, (6) menggunakan metode bercerita yang memuat nilai tanggung jawab, dan (7) memberi kesempatan anak untuk memilih serta menyelesaikan tugas. Ketujuh strategi ini diterapkan secara konsisten dan saling melengkapi, sehingga terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab anak baik secara individu maupun sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorBahri, Husnul196209051990021001UNSPECIFIED
Thesis advisorUtami, Intan199010082019032009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Menanamkan Rasa Tanggung Jawab
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:29
Last Modified: 10 Sep 2025 07:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year