PIKRI, HIDAYANA ASI SARIPA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN RASA TANGGUNG JAWAB PADA ANAK DI PAUD SEJAHTERA DESA MARGA JAYA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
HIDAYANA ASI SARIPA PIKRI_2111250031.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku atau usaha seseorang untuk melaksanakan sebuah pekerjaan atau kewajiban tanpa dorongan dan paksaan yang harus konsisten dalam perkataan dan perbuatan agar dapat dipercaya orang lain. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya rasa tanggung jawab sebagian anak di PAUD Sejahtera. Anak-anak menunjukkan perilaku seperti membuang sampah sembarangan, tidak merapikan alat tulis, dan tidak menyelesaikan tugas di dalam kelas. Hal ini menunjukkan pentingnya strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai tanggung jawab sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menanamkan rasa tanggung jawab pada anak di PAUD Sejahtera Desa Marga Jaya, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dilakukan pada Tanggal 17 Februari sampai 17 Maret 2025. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas B dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan empat strategi di PAUD Sejahtera Desa Marga Jaya yaitu menggunakan (1) memberikan teladan dalam berperilaku, (2) membiasakan anak melakukan tanggung jawab sederhana, (3) menetapkan aturan kelas yang konsisten, (4) memberikan tugas individu maupun kelompok, (5) memberi reward atau pujian sebagai penguatan positif, (6) menggunakan metode bercerita yang memuat nilai tanggung jawab, dan (7) memberi kesempatan anak untuk memilih serta menyelesaikan tugas. Ketujuh strategi ini diterapkan secara konsisten dan saling melengkapi, sehingga terbukti efektif dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab anak baik secara individu maupun sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Menanamkan Rasa Tanggung Jawab | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:29 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year