PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Rahayu, Heni Putri (2025) PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (82kB)
[img] Text (Skripsi)
Heni Putri Rahayu_2011240106.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran guru dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas 4 di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Dalam rumusan masalah untuk mengetahui cara guru dalam menjalankan peranannya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas 4 di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, berupa reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5 ini ialah sebagai pembimbing, pengarah, evaluator. Adapun peran guru disini ialah membimbing, mengarahkan peserta didik dalam menyiapkan tarian tradisonal tersebut. guru juga berperan dalam mengeavaluasi projek yang telah dilakukan oleh peserta didik. Guru dan juga peserta didik melakukan evaluasi apa yang di pelajari dan di capai dalam proyek tersebut. Kesimpulan melalui kegiatan P5 ini mengungkapkan penting nya peran guru untuk mencapai tujuan P5 tersebut khusus nya dalam bidang ipas itu sendiri, Dan agar peserta didik mampu memiliki kecerdaan akademik tapi juga memiliki karakter yang kuat, dan peduli terhadap lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi19700711999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorAmaliyah, Aam196911222000032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS).
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:38
Last Modified: 11 Sep 2025 01:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year