ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH

Downloads

Downloads per month over past year

ISNAINI, ISNAINI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text (SKIRPSI)
ISNAINI_2111280025.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi program studi ekonomi syraiah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah semester 2 tahun ajaran 2025 yang berjumlah 22 orang mahasiswa. Pengumpulan data pada penilitian yaitu menggunakan tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan adalah 5 soal essay yang menguji kemapuan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terhadap 22 mahasiswa pada materi Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran, diperoleh nilai rata-rata sebesar 70. 95, yang termasuk dalam kategori sedang. Sejalan dengan hasil tersebut, pencapaian mahasiswa dalam beberapa indikator pemahaman konsep menunjukkan variasi tingkat penguasaan. Pada indicator pertama menyatakan ulang sebuah konsep dengan kategori tinggi terdapat 15 mahasiswa (68,18%), untuk kategori sedang terdapat 7 mahasiswa (31,81%). Pada indicator kedua menerapkan konsep secara algoritma dengan kategori tinggi sebanyak 8 mahasiswa (36,36%) untuk kategori sedang terdapat 12 mahasiswa (54,54%) dan untuk kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (9,09%). Pada indicator ketiga memberikan contoh atau kontra contoh konsep dengan kategori tinggi sebanyak 10 mahasiswa (45,45%) untuk kategori sedang terdapat 8 mahasiswa (36,36%) dan kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (9,09%). Pada indicator keempat menyajikan konsep berbagai representasi dengan kategori tinggi sebanyak 1 mahasiswa (4,5%) untuk kategori sedang sebanyak 15 mahasiswa (68,18%) dan untuk kategori rendah sebanyak 6 mahasiswa (27,27%) Pada indicator terakhir mengaitkan konsep dalam kehidupan sehari hari dengan kategori tinggi sebanyak 3 mahasiswa (13,68%) untuk kategori sedang terdapat 12 mahasiswa (54,54%) dan untuk kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (9,09%). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa telah memahami konsep dasar, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi dalam pendalaman materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198803192015032003UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: emahaman Konsep Matematika
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:01
Last Modified: 11 Sep 2025 02:01
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4973

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year