ISNAINI, ISNAINI (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (SKIRPSI)
ISNAINI_2111280025.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada mata kuliah matematika ekonomi program studi ekonomi syraiah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah semester 2 tahun ajaran 2025 yang berjumlah 22 orang mahasiswa. Pengumpulan data pada penilitian yaitu menggunakan tes dan wawancara. Soal tes yang digunakan adalah 5 soal essay yang menguji kemapuan kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terhadap 22 mahasiswa pada materi Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran, diperoleh nilai rata-rata sebesar 70. 95, yang termasuk dalam kategori sedang. Sejalan dengan hasil tersebut, pencapaian mahasiswa dalam beberapa indikator pemahaman konsep menunjukkan variasi tingkat penguasaan. Pada indicator pertama menyatakan ulang sebuah konsep dengan kategori tinggi terdapat 15 mahasiswa (68,18%), untuk kategori sedang terdapat 7 mahasiswa (31,81%). Pada indicator kedua menerapkan konsep secara algoritma dengan kategori tinggi sebanyak 8 mahasiswa (36,36%) untuk kategori sedang terdapat 12 mahasiswa (54,54%) dan untuk kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (9,09%). Pada indicator ketiga memberikan contoh atau kontra contoh konsep dengan kategori tinggi sebanyak 10 mahasiswa (45,45%) untuk kategori sedang terdapat 8 mahasiswa (36,36%) dan kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (9,09%). Pada indicator keempat menyajikan konsep berbagai representasi dengan kategori tinggi sebanyak 1 mahasiswa (4,5%) untuk kategori sedang sebanyak 15 mahasiswa (68,18%) dan untuk kategori rendah sebanyak 6 mahasiswa (27,27%) Pada indicator terakhir mengaitkan konsep dalam kehidupan sehari hari dengan kategori tinggi sebanyak 3 mahasiswa (13,68%) untuk kategori sedang terdapat 12 mahasiswa (54,54%) dan untuk kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (9,09%). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar mahasiswa telah memahami konsep dasar, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi dalam pendalaman materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | emahaman Konsep Matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year