PENGARUH METODE KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DATA KELAS V SD NEGERI 05 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MARDHIA, ANNISA RADHIATUN (2025) PENGARUH METODE KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DATA KELAS V SD NEGERI 05 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANNISA RADHIATUN MARDHIA_2111240096.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode kumon terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi data kelas V SD Negeri 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Kuasi Eksperimen sendiri dapat diartikan sebagai eksperimen yang memiliki perlakuan, pengukuran, serta dilakukan pada satu variabel yang paling dominan, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, sedangkan sampelnya yaitu kelas V C sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode kumon terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi data kelas V SD Negeri 05 Kota Bengkulu. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest peserta didik, dimana diperoleh 5,746 dan = 2,003. Karena > , menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan persentase peningkatan hasil belajar pretest dan posttest kedua kelas, pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 62,34%, sedangkan pada kelas kontrol peningkatan sebesar 37,66%. Hal ini menunjukkan bahwa xiii terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode kumon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Kumon, Hasil Belajar, Matematika, Materi Data
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:12
Last Modified: 11 Sep 2025 02:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4978

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year