PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Parantika, Seni (2025) PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text (Skripsi)
SENI PARANTIKA_1811250064.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan bagaimana metode bercerita terhadap keterlambatan berbicara pada anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu, 2) untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap anak di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu yang Mengalami Keterlambatan Berbicara, dan 3) untuk mendeskripsikan faktorfaktor yang mempengaruhi keterlambatan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Dengan subjek penelitian meliputi, guru, kepala sekolah, dan 2 siswa speech delay TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita yang diterapkan oleh guru secara konsisten, terutama dengan menggunakan media visual seperti buku cerita bergambar, dapat merangsang kemampuan berbicara anak secara signifikan. Selain itu, ditemukan bahwa pola asuh permisif yang diterapkan sebagian orang tua berkontribusi pada rendahnya stimulasi bahasa di rumah, sehingga berdampak pada keterlambatan berbicara. Faktor kesehatan, neurologis, serta struktur dan fisiologi anak juga mempengaruhi kemampuan anak dalam merespon dan mengolah informasi yang diterima. Dengan demikian, penanganan keterlambatan berbicara pada anak usia dini perlu melibatkan pendekatan yang holistik, termasuk peran aktif guru, pola asuh orang tua yang tepat, serta perhatian terhadap aspek perkembangan anak secara menyeluruh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan Berbicara, Metode Bercerita, Pola Asuh Orang Tua, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:52
Last Modified: 11 Sep 2025 02:52
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year