PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ENDANG, LESTARI (2025) PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN_ENDANG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text (Skripsi)
ENDANG LESTARI_2111210089_compressed (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil observasi terhadap mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa masih mengalami kendala dalam kepercayaan diri saat mengajar di kelas. Self confidence atau kepercayaan diri merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesiapan seseorang dalam menjalankan peran sebagai guru, khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh self confidence terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Pendekatan penelitian ini yaitu korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2021. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik random sampling, dengan jumlah sebesar 20% dari keseluruhan populasi, yaitu 37 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji t dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian, terdapat pengaruh self confidence terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Hal ini diketahui thitung sebesar 4,298 sedangkan ttabel sebesar 2,032 pada taraf signifikan 0,05. Diketahui pula nilai signifikansi sebesar 0,001. Berdasarkan hasil tersebut thitung lebih besar daripada ttabel dan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya kontribusi self confidence dalam meningkatkan kesiapan menjadi guru sebesar 34,5% sedangkan sisanya 65,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dilihat dari R square.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuhirman, Suhirman19680219199911003UNSPECIFIED
Thesis advisorSaputra, Adi198112212009011013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Confidence, Kesiapan Menjadi Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:13
Last Modified: 11 Sep 2025 03:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/4996

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year