PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROUND ROBIN BRAINSTROMING (RRB) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SDN 24 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

WINDI EKA, SAFITRI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROUND ROBIN BRAINSTROMING (RRB) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
BAB HALAMAN DEPAN Windi Eka Safitri[1].pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I Windi Eka Safitri (1).pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II Windi Eka Safitri.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB III Windi Eka Safitri.pdf

Download (403kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI Windi Eka Safitri[1].pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Round Robin Brainstorming terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 24 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keaktifan dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPAS, serta dominasi guru dalam proses pembelajaran. Metode Round Robin Brainstorming dipilih karena mampu mendorong peserta didik untuk lebih aktif berdiskusi, bertukar ide, serta berani menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode Round Robin Brainstorming dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional. Uji independent sample t- Test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa metode Round Robin berpengaruh positif terhadap hasil belajar.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Round Robin Brainstorming efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, Mus197005142000031004UNSPECIFIED
Thesis advisorFitrianah, Rossi Delta198107272007102004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ound Robin Brainstorming, hasil belajar, IPAS, peserta didik kelas
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:43
Last Modified: 11 Sep 2025 03:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year