PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

STEPHANIE, ERVIANA NADIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text (Skripsi)
ERVIANA NADIA STEPHANIE_2111280016.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran matematika pada kelas VIII SMPN 7 Seluma masih menggunakan metode ceramah dan tugas-tugas mengerjakan soal yang masih seperti biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMPN 7 Seluma dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kreativitas peserta didik kelas VIII SMPN 7 Seluma yang menggunakan model Project Based Learning dan yang tidak menggunakan model Project Based Learning. Penelitian ini mengunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Seluma tahun ajaran 2024/2025. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji-t. Hasil penelitian yang didapatkan dari hasil regresi linier sederhana, menunjukkan bahwa model persamaan regresi untuk mengetahui kreativitas peserta didik yang dipengaruhi oleh model Project Based Learning yaitu ???? = 16,452 + 0,786 ????, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05, ????ℎ???????????????????? ≥ ???????????????????????? = 2,890 ≥ 2,045 maka ????0 ditolak dan ???????? diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas peserta didik Kelas VIII SMPN 7 Seluma. Uji Paired Sample T-Test, terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pre-test dan posttest kreativitas peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran project based learning ditunjukkan oleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan |????ℎ????????????????????| ≥ ????????????????????????(????????=????−1=30,????=0,05) = 13,495 ≥ 2,042. Dan pada uji Independent Sample T-Test, terdapat perbedaan antara hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ditunjukkan oleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan |????ℎ????????????????????| ≥ ????????????????????????(????????=????1+????2−2=60,????=0,05) = 7,161 ≥ 2,000 menunjukkan terdapat perbedaan yang antara kreativitas peserta didik kelas VIII SMPN 7 Seluma yang menggunakan model Project Based Learning dan yang tidak menggunakan model Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196312231993032002UNSPECIFIED
Thesis advisorAmri, Syaipul196904091994121001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kreativitas
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:02
Last Modified: 11 Sep 2025 08:02
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year