Mawarni, Lisa (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SDN 05 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
LISA MAWARNI_2111240056.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius di Sekolah Dasar Negeri 05 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif dan sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan teknik analisis data melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek/informan adalah 6 guru kelas (kelas VI,V dan VI) dan 5 siswa (kelas VI,VdanVI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius di Sekolah Dasar Negeri 05 terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Menanamkan nilai-nilai karakter religius di Sekolah Dasar Negeri 05 melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran, pembiasaan program sekolah dan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Dalam penelitian, peneliti menemukan implementasi kurikulum merdeka dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius di Sekolah Dasar Negeri 05 yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah, tidak hanya hubungan siswa dengan tuhan tetapi juga tanggung jawab siswa dengan orang lain dan lingkungan sekitar, selain itu juga ditemukan adanya penanaman sikap yang menjadi aspek penilaian yaitu kejujuran, saling menghargai perbedaan dan menjaga lingkungan sekitar sebagai bentuk tanggung jawab. Adapun faktor penghambat atau kendala yang ditemukan adalah masih terdapat siswa yang banyak alasan ketika di suruh sholat selain itu ditemukan juga siswa yang masih egois dan kurang mendengarkan nasihat guru. Selain faktor penghambat juga terdapat faktor pendukung yang mengarah pada faktor eksternal yaitu guru yang yang memberikan peneladaan, pembiasaan serta nasihat terakait pembelajaran, sarana prasarana sekolah yang mendukung seperti tersedianya mushola dan mukena untuk sholat, dan adanya dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Menanamkan, Karakter, Religius | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 01:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 01:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year