EGI, GUSTA PRATAMA (2025) PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM PEMBIASAAN BUDAYA LITERASI SISWA KELAS IV DI MIN 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (Skipsi)
EGI GUSTA PRATAMA_2111240123.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan pojok baca dalam pembiasaan budaya literasi siswa kelas IV di MIN 1 Kota Bengkulu serta mendeskripsikan apa hambatan pemanfaatan pojok baca dalam pembiasaan budaya literasi siswa kelas IV di MIN 1 Kota Bengkulu. Subjek dan informan dalam penelitian ini yaitu guru/wali kelas IV A B dan C dan siswa kelas IV A B dan C. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan pojok baca dalam pembiasaan budaya literasi siswa kelas IV di MIN 1 Kota Bengkulu diantaranya menerapkan kegiatan membaca 5 sampai 10 menit sebelum pembelajaran dimulai, memilih jenis dan jumlah buku bacaan yang akan dibaca, adanya ketersediaan fasilitas pojok baca dikelas, adanya keterlibatan siswa dan siswi dalam kegiatan membaca dan pengelolaan pojok baca dikelas, serta ketertarikan siswa dan siswi mengujungi pojok baca dikelas. Peran guru sangat diperlukan dalam penerapanya agar kegiatan membaca tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan utamanya yaitu membantu siswa dalam menumbuhkan budaya literasi membaca dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan baru bagi siswa. Pembiasaan budaya literasi siswa kelas IV di MIN 1 Kota Bengkulu ini sudah masuk dalam ketegori baik, kegiatan ini dilakukan dengan mengajak siswa membaca sebelum pelajaran dimulai, memilih buku bacaan yang sesuai dengan minat siswa, serta membiasakan siswa untuk berdiskusi berkomunikasi dan berbagi informasi. Harapanya dengan kegiatan pembiasaan budaya literasi ini dapat menumbuhkan literasi membaca, serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan siswa. Hambatan pemanfaatan pojok baca dalam pembiasan budaya literasi siswa kelas IV di MIN 1 Kota Bengkulu diantaranya keterbatasan ruang belajar yang tersedia, kurangnya kedisiplinan siswa ketika membaca, masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap buku yang dibaca. Hal ini harus menjadi pertimbangan dan evaluasi bagi pihak sekolah jika ingin penerapan kegiatan membaca ini terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan pojok baca, Pembiasaan budaya literasi, Siswa | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 02:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 02:49 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year