PENGUATAN DIMENSI GOTONG-ROYONG PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI KEGIATAN TAMAN SEKOLAH DI SD NEGERI 40 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SUSANTI, SONETA RAHMA (2025) PENGUATAN DIMENSI GOTONG-ROYONG PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI KEGIATAN TAMAN SEKOLAH DI SD NEGERI 40 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text (Skripsi)
SONETA RAHMA SUSANTI_2111240124.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk penguatan dimensi gotong-royong pada siswa yang mulai memudar di SD Negeri 40 Kota Bengkulu yang sudah diterapkan sejak bulan juli 2023 sampai sekarang. Projek penguatan profil pelajar pancasila bisa membantu menguatkan dimensi gotong-royong pada siswa. Bisa dikatakan projek penguatan profil pelajar pancasila di SD Negeri 40 Kota Bengkulu sudah berjalan dengan baik, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti mengenai projek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan taman sekolah di SD Negeri 40 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan ketertarikan guru dalam membuat taman sekolah, implementasi kegiatan taman sekolah dalam memperkuat dimensi gotongroyong siswa, faktor penghambat dan pendukung dalam melaksanakan kegiatan taman sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas 3. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketertarikan guru dalam membuat taman sekolah karena kondisi lahan sekolah masih ada yang kosong. Pada kegiatan taman sekolah dimensi gotong-royong mempunyai elemen kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Pada elemen kolaborasi dapat dilihat ketika siswa saling bekerjasama saat membersihkan rumput-rumputan, mengambil air untuk menyiram tanaman. Pada elemen kepedulian terlihat saat ketika siswa memberi reaksi atas kepedulian kepada temannya yang perlu bantuan, teman yang terlihat kesakitan dan merasa sedih, seperti dengan membantu temannya yang susah mencabut rumput. Dan pada elemen berbagi terlihat ketika siswa seringkali berbagi atau bergantian alat ketika pelaksanaan projek, selain itu juga mereka berbagi makanan saat sedang makan bekal mereka. Hambatan dalam melakukan kegiatan sekolah diataranya kondisi tanah yang kurang subur untuk mengatasi hal tersebut guru mengikuti pelatihan cara menggunakan pupuk, penambahan tanah hitam, maupun sekam, selain itu juga kurangnya kesadaran siswa sehingga guru selalu mengingatkan kepada siswa pentingnya gotong-royong, dan keterbatasan waktu dalam mengerjakannya dengan guru menyesuaikan dengan jam pembelajaran yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSuradi, Ahmad197601192007011018UNSPECIFIED
Thesis advisorRandy, Randy198806122023211030UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dimensi Gotong-Royong, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Taman Sekolah.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:05
Last Modified: 16 Sep 2025 02:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year