STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SDN 24 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

DEKA, AGUSTIN TIARA (2025) STRATEGI GURU DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SDN 24 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text (Skripsi)
AGUSTIN TIARA DEKA_2111240052.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas V SDN 24 Kota Bengkulu dan kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan minat membaca siswa SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh guru dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas V SDN 24 Kota Bengkulu dan kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan minat membaca siswa SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas V SDN 24 Kota Bengkulu menggunakan 4 aspek, yaitu dengan strategi motivasi, strategi promosi, strategi peningkatakan pelayanan, dan peningkatan sarana prasarana agar peserta didik lebih giat lagi membaca diperpustakaan. Adapun kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu kurangnya minat baca dari siswa itu sendiri. Siswa cenderung lebih suka bermain daripada membaca buku diperpustakaan saat memiliki waktu luang. Selain itu, kurangnya koleksi buku yang belum sesuai dengan minat siswa sehingga membuat siswa kurang minat mengunjungi perpustakaan, dan masih kurangnya dukungan dari orang tua siswa. Pihak sekolah terus melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut agar pemanfaatan perpustakaan dapat meningkat, dan terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorRamadlon, Ramadlon19642271991031003UNSPECIFIED
Thesis advisorKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Membac
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:45
Last Modified: 15 Sep 2025 06:45
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year