PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COOMPOSITION ( CIRC ) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

FITRIANI, DEPI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COOMPOSITION ( CIRC ) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text (Skripsi)
DEPI FITRIANI-2111240025.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Cooperative Intagrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia aspek membaca pemahman di kelas IV SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sedangkan sampelnya kelas IVA (Kelas Eksperimen) dan IVB (Kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji F, dan uji r product moment. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Intagrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia aspek membaca pemahaman di kelas IV SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Hal Tersebut dapat dibuuktikan pada hasil postest siswa kelas IVA yang menggunakan Model Pembelajaran CIRC yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 18 orang siswa (81%) mendapatkan nilai 84,3 sampai 98,7, sedangkan hasil belajar kelas IV B Pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC sebanyak 19 orang siswa mendapatkan nilai 75,62 – 92,98. Selain itu dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji F karena dk Pembilang 40 pada taraf 5% = 4,08. Berdasarkan perhitungan di atas, apabila di konsultasikan dengan pada taraf signifikan 5% yitu 4,08. Dengan demikian ( 12,214 4,08 ). Dari analisis tersebut diperoleh bahwa lebih besar dari . Sehingga kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC memiliki Hasil belajar yang lebih baik sehingga mata Pelajaran Bahasa Indonesia Mudah dipahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSalamah, Salamah197305052000032004UNSPECIFIED
Thesis advisorFitrianah, Rossi Delta198107272007102004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Intagrated Reading and Composition (CIRC), Hasil belajar Bahasa Indonesia.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:38
Last Modified: 16 Sep 2025 02:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year