PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

HELMANITA, DELIA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text (Skripsi)
DELIA HELMANITA_2111240138.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 50 kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh dengan sampel yang digunakan adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berjumlah 10 soal pilihan ganda. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji Independent Samples T Test dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media Wordwall efektif meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti melalui hasil uji statistik yang menunjukan bahwa nilai signifikan (Sig. 2-tailed < 0,05) sebesar 0,040, sedangkan nilai signifikan (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti lebih kecil dari ɑ = 0,05. Dengan demikian hipotesis HO ditolak dan hipotesis H1 diterima, yang berarti perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Wordwall efektif meningkatkan hasil pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorWalid, Ahmad199105112024211031UNSPECIFIED
Thesis advisorPutra, Erik Perdana198810172023211013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Wordwall, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:30
Last Modified: 16 Sep 2025 03:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year