NURFAIZI, EGI (2025) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 21 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
EGI NURFAIZI_ 2011260010.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMPN 21 Kota Bengkulu masih rendah disebabkan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan serta sistem pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centre), oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkannya model pembelajaran model PBL. Model Problem Based Learning dipilih karena sistem pembelajaranya lebih berfokus pada aktivitas siswa, siswa dituntut aktif dan terlibat langsung dalam menyelesaikan masalah bertujuan melatih kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran IPA kelas VII di SMPN 21 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling jumlah sampel 55 siswa. Pengumpulan data berupa soal pretest-postest, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 26, hasil dari uji hipotesis yang menggunakan uji uji independent sample t-test nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,001 α <(0,05), dari uji hipotesis disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi juga terlihat dari peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen secara signifikan. Sehinngga terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Berbasis PBL, HOTS | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year