PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 21 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

NURFAIZI, EGI (2025) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII DI SMPN 21 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (494kB)
[img] Text (Skripsi)
EGI NURFAIZI_ 2011260010.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMPN 21 Kota Bengkulu masih rendah disebabkan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan serta sistem pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centre), oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkannya model pembelajaran model PBL. Model Problem Based Learning dipilih karena sistem pembelajaranya lebih berfokus pada aktivitas siswa, siswa dituntut aktif dan terlibat langsung dalam menyelesaikan masalah bertujuan melatih kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan kurikulum merdeka berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran IPA kelas VII di SMPN 21 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling jumlah sampel 55 siswa. Pengumpulan data berupa soal pretest-postest, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 26, hasil dari uji hipotesis yang menggunakan uji uji independent sample t-test nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,001 α <(0,05), dari uji hipotesis disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi juga terlihat dari peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen secara signifikan. Sehinngga terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
UNSPECIFIEDZulkarnain, Zulkarnain198411152023212010UNSPECIFIED
UNSPECIFIEDKhosi'in, Khosi'in198807102019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Berbasis PBL, HOTS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:41
Last Modified: 16 Sep 2025 03:41
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year