PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD N 24 BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Sartika, Apta Dinda (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SD N 24 BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text (Skripsi)
Apta Dinda Sartika _2111240186.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sd Negeri 24 Kota Bengkulu. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum menggunakan model yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa. Model PBL merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana siswa diajak untuk memecahkan masalah kontekstual melalui kerja kelompok, diskusi, dan penyelidikan aktif untuk mencapai pemahaman konsep yang mendalam. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu (quasi-experimental), menggunakan model pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Subjek penelitian meliputi dua kelas V yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas eksperimen (VA) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol (VB) yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data yang diperoleh di analisi menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan rata 3 rata hasil belajar antara kedua kelompok. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berkontribusi secara positif terhadap peningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V.Tahapan awal analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji independent simple t-test Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS versi 17.0, diperoleh bahwa nilai signifikansi pada uji homogenitas varians lebih besar dari 0.05, yang mengindikasikan bahwa data memiliki varians yang seragam. Pada uji independent samples ttest (t-hitung) sebesar 10.200 dan nilai t-tabel sebesar 2.002 dengan nilai p sebesar. 0.000. karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (10.200 > 2.002) atau nilai P <0,05 maka dapat dikatakan adanyan perbedaan rata 3 rata antara hasil belajar kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotrsis nol (Ho) ditolak, dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dan Metode Konvesional pada mata pelajaran IPAS kelas V Sd N 24 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz1985042920115031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS, Siswa Kelas V, Sd Negeri 24 Kota Bengkulu
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:53
Last Modified: 16 Sep 2025 03:53
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year