Pratama, Zakhi Restu (2025) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE DALAM KONSEP ANTI RASISME UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI MTS JĀ-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (606kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
ZAKHI RESTU PRATAMA_2111260014.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang dihadapi pada era globalisasi yang semakin kompleks dan tantangan pendidikan semakin beragam, termasuk masalah intoleransi dan rasisme yang masih menjadi isu sosial yang perlu ditangani secara serius di berbagai daerah di Indonesia. Siswa menganggap mata pelajaran IPA adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan, siswa yang kurang memahami pembelajaran dikarenakan kurang menarik dan efektif, maka dari itu dikembangkan modul untuk menarik minat siswa agar siswa belajar lebih mandiri dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan modul pembelajaran berbasis Socio Scientific Issue dengan konsep anti rasisme pada materi pewarisan sifat untuk meningkatkan nilai-nilai multikultural pada siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi terhadap kelayakan modul dan respon siswa terhadap modul IPA Subjek dalam penelitian adalah 5 orang dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu 1 orang guru IPA MTs yang masing-masing menjadi validator ahli media, materi bahasa, serta siswa MTs kelas IX yang terdiri dari 34 orang siswa. Data dari analisis angket dengan menghitung persentase kevalidan pada setiap aspek penilaian yaitu 95% (ahli media/design). 82,8 % (ahli bahasa), 86,4 % (ahli materi) dengan kategori layak digunakan. Pada pelaksanaan pretest rata-rata skor siswa 48,6 dan untuk postest menunjukan rata-rata skor yang lebih tinggi sebesar 80,7. Keefektifan modul mealuai uji-t menunjukkan bahwa nilai ratarata pembelajaran posttest siswa setelah menggunakan modul lebih tinggi dari nilai pretest sebelum menggunakan modul. Kepraktisan modul IPA berdasarkan data hasil respon siswa dan guru IPA yang xii dilakukan pada impelemtasi kelompok besar menunjukkan bahwa Modul Berbasis Socio Scientific Issue Dalam Konsep Anti Rasisme termasuk kriteria praktis digunakan tanpa direvisi dengan persentase sebesar 82,98%. kesimpulan penelitian ini adalah modul yang dikembangkan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Antirasisme, Modul, Pendidikan Multikultural, Pewarisan Sifat, Socio Sientific Issues. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 04:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 04:05 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year