PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

WULANDARI, PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS SISWA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN PUTRI WULANDARIi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I PUTRI WULANDARI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II PUTRI WULANDARI.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB III PUTRI WULANDARI.pdf

Download (566kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI PUTRI WULANDARII.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh signifikan model pembelajaran ARCS terhadap keterampilan membaca kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan membaca kritis siswa, kurangnya motivasi belajar, serta kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, masing-masing 20 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan membaca kritis dalam bentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen adalah 59,8 dan meningkat menjadi 80,5 pada posttest. Sementara itu, kelompok kontrol meningkat dari 70,3 menjadi 80,2. Uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi 0,012 dan t hitung 2,643 > t tabel 2,024, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model pembelajaran ARCS terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorBayah, Zubaidah197204162023212009UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ARCS, membaca kritis, Bahasa Indonesia.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:07
Last Modified: 16 Sep 2025 04:07
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year