THE EFFECT OF BLOOKET INTERACTIVE LEARNING TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (A True-Experimental Study at Grade VIII SMP Islam Al-Azhar 52 Bengkulu City Academic Year 2024/2025)

Downloads

Downloads per month over past year

NABILA, ANNISA (2025) THE EFFECT OF BLOOKET INTERACTIVE LEARNING TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (A True-Experimental Study at Grade VIII SMP Islam Al-Azhar 52 Bengkulu City Academic Year 2024/2025). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text (skripsi)
ANNISA NABILA_2111230055.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Blooket terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true-eksperimen dengan desain Solomon Four Group Design, yang melibatkan empat kelompok siswa untuk membandingkan hasil pre-test dan posttest baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol.Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang mengukur penguasaan kosakata siswa, mencakup aspek sinonim, antonim, noun, verb, adjective, dan adverb. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji statistik, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Blooket terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa. Siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan signifikansi (Sig. 0.000 < 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Blooket secara interaktif memberikan dampak positif dan signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Blooket terbukti menjadi media pembelajaran yang efektif, menyenangkan, serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSusanto, Ferri197512082014111001UNSPECIFIED
Thesis advisorEfrizal, Dedi199012132020121008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: True-eksperimen, Blooket, Pembelajaran Interaktif, Penguasaan Kosakata, Bahasa Inggris.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:22
Last Modified: 16 Sep 2025 04:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year