PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SD N 04 AIR RAMI, MUKOMUKO, PROVINSI BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

HODIJAH, AI SITI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SD N 04 AIR RAMI, MUKOMUKO, PROVINSI BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (777kB)
[img] Text (TESIS)
AI SITI HODIJAH_2323540015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya siswa yang membawa smartphone ke sekolah serta bermain game online di sekolah sehingga mengganggu proses pembelajaran dikarenakan motivasi siswa terhadap pembelajaran PAI dan Budi Pekerti mengalami penurunan karena siswa menganggap bahwa bermain game online lebih menyenangkan daripada belajar, yang juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan mobile learning berbasis android terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD N 04 Air Rami, Mukomuko, 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD N 04 Air Rami, Mukomuko. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Instrume penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, uji asumsi dasar, uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t serta koefisien determinasi. Hasil penelitian: 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan Mobile Learning berbasis Android terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD N 04 Air Rami yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 6.313 > t tabel 2.015 dan pada taraf signifikansi 0.000 < 0.05, 2) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Mobile Learning berbasis Android terhadap hasil belajar siswa Kelas IV pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SD N 04 Air Rami yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 3.602 > t tabel 2.015 dan pada taraf signifikansi 0.001 < 0.05.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Mobile Learning Berbasis Android, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:53
Last Modified: 17 Sep 2025 02:05
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year