. Oktania, Vebby (2025) PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
VEBBY OKTANIA_2111240081_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar IPAS kelas V di MI Plus Nur Rahmah Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi magnet, listrik, dan teknologinya. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dan belum memanfaatkan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design), yaitu dengan membandingkan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pre-test dan post-test), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji product moment dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi rxy = 0,768 yang lebih besar dari rtabel = 0,468 pada taraf signifikan 5%, serta hasil uji t diperoleh thitung = 5,809 > ttabel = 2,024. Hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh metode eksperimen berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di MI Plus Nur Rahmah Kota Bengkulu, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian, bahwa penggunaan metode eksperimen yang dipadukan dengan media Powtoon mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Metode ini juga berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan membantu mereka memahami konsep-konsep IPAS secara lebih konkret dan menyenangkan. Sehingga dapat disimpulkan, penggunaan metode eksperimen berbantuan media Powtoon dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Media Powtoon, Hasil Belajar, IPAS. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year