PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

ANI, ROHMIZI PUTRI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (607kB)
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ROHMIZI PUTRI ANI__2111240015.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa dalam materi operasi hitung bilangan cacah di kelas IV SDN 41 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, yaitu satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan media puzzle dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Media puzzle mampu membuat siswa lebih aktif, tertarik, dan memahami materi operasi hitung bilangan cacah dengan lebih baik. ,

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorNasution, Adam1982080202321016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media puzzle, hasil belajar, operasi hitung, bilangan cacah, pembelajaran matematika, siswa sekolah dasar.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:12
Last Modified: 17 Sep 2025 03:12
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year