SINTAH, DEWI (2025) KETERAMPILAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN KELAS BAGI SISWA KELAS I DI SDN 43 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
DEWI SINTAH _2111240055.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini Membahas Tentang pentingnya keterampilan guru dalam pengelolaan kelas sebagai faktor utama terciptanya suasana belajar yang kondusif, efektif, dan efisien. Berdasarkan observasi awal di kelas I SDN 43 Kota Bengkulu, ditemukan bahwa pembelajaran masih berfokus dengan metode ceramah satu arah sehingga siswa kurang aktif, suasana kelas kurang kondusif, dan konsentrasi belajar siswa tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru kelas dalam pengelolaan kelas siswa kelas I dan upaya guru dalam menciptakan suasana kondusif di SDN 43 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas telah memenuhi standar keterampilan dasar mengajar, antara lain dalam membuka dan menutup pelajaran, memberikan penjelasan, penguatan, serta bimbingan individual maupun kelompok. Guru juga menetapkan aturan kelas yang disepakati bersama siswa, menerapkan disiplin, serta menggunakan variasi metode pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa. Upaya menciptakan suasana kondusif dilakukan melalui pengaturan tempat duduk, pemberian motivasi, penggunaan media sederhana, dan komunikasi yang efektif. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru kelas di SDN 43 Kota Bengkulu cukup baik dalam pengelolaan kelas, namun masih perlu peningkatan pada aspek variasi metode dan strategi pembelajaran yang lebih interaktif agar keterlibatan siswa semakin optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | keterampilan guru kelas, suasana kondusif | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year