MELANINGSI, RERE (2025) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
RERE MELANINGSI_2111210059.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kenakalan peserta didik yang terlihat di lapangan sekolah yakni Cabut pada saat jam pelajaran berlangsung, berbicara saat guru menjelaskan, berkata kasar atau tidak sopan, merokok di lingkungan sekolah, mencoret-coret dinding ketika guru tidak ada, berpakaian tidak rapi, sering terlambat masuk kelas dan kurangnya minat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMPN 18 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data sistem yaitu dengan cara observasi, wawancara yang ditunjukkan kepada guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bimbingan konseling (BK), dan Peserta didik, serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriftif yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara akurat dan sistematis mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan kenakalan peserta didik di SMPN 18 Kota Bengkulu masih cukup baik, akan tetapi masih ada peserta didik yang melanggar peraturan-peraturan yang ditetapkan di sekolah dan masih memerlukan bimbingan yang lebih lanjut agar tercapainya tujuan yang diharapkan. Kenakalan peserta didik di SMPN 18 Kota Bengkulu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan perkembangan teknologi. Adanya upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik adalah sebagai berikut : Pertama, Upaya preventif (pencegahan) berupa pembiasaan, keteladanan, dan himbauan. Kedua, Upaya kuratif (penyembuhan), dan Ketiga, Upaya pembinaan berupa pembinaan berbentuk pencegahan dan pembinaan berbentuk penyembuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Mengatasi Kenakalan Peserta Didik | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year