PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK WUDU SISWA KELAS V DI MI AL-MUHAJIRIN KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

NURKHOLILAH, NURKHOLILAH (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK WUDU SISWA KELAS V DI MI AL-MUHAJIRIN KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (613kB)
[img] Text (Tesis)
NURKHOLILAH_2323540020.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media infografis sebagai alat bantu pembelajaran Fikih pada materi wudhu untuk siswa kelas V di MI Al-Muhajirin Kota Bengkulu, serta mengetahui kelayakan dan efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan buku teks, serta belum tersedianya media pembelajaran visual yang menarik dan sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Padahal, materi wudu merupakan bagian penting dalam pembelajaran Fikih yang bersifat praktis dan membutuhkan visualisasi agar siswa dapat memahami dan mempraktikkannya dengan benar.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum memanfaatkan media visual yang mendukung. Berdasarkan validasi dari ahli media diperoleh skor sebesar 87,5% dengan kategori “sangat layak”, dan dari ahli materi sebesar 95,84% juga dengan kategori “sangat layak”. Uji coba skala kecil dan skala besar menunjukkan respons positif dari siswa terhadap media, serta adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar. Rata-rata nilai pretest siswa meningkat dari 33 menjadi 88 pada posttest dengan gain sebesar 50 poin. Dengan demikian, media infografis yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran Fikih materi wudhu dan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman serta kemampuan praktik siswa. Produk ini direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas serta dikembangkan untuk materi keislaman lainnya

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAly, Hery NoerUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBahri, HusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Infografis, Wudu, Pembelajaran Fikih, ADDIE, Hasil Belajar
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:06
Last Modified: 18 Sep 2025 03:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year