HAMDATI, OMILIA CONTESA (2025) PENERAPAN GAME METHOD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN 18 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
OMILIA CONTESA HAMDATI_211121006.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan masih kurangnya penggunaan metode pembelajaran untuk guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan Dampak Game Method dalam Meningkatkan Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan agam Islam (PAI) di SMPN 18 Kota bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik kualitatif berupa penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang mengamati dan menganalisis fakta lapangan secara cermat dan sengaja, khususnya permasalahan tertentu. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pada penerapan Game Method pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun beberapa tahapan pada pelaksanaan Game Method pada pembelajaran pendidikan Agama Islam ini melibatkan yang pertama adalah Perencanaan yang meliputi: Menentukan topik dan tujuan pembelajaran, Menyiapkan Alat Dan Bahan, dan yang kedua adalah Pelaksanaan Permainan, dan yang ketiga adalah Evaluasi Pembelajaran. kemudian adapun hal hal yang meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu pemberian perhatian dan pemberian kepuasan termasuk penghargaan. Dampak positif pada penerapan Game Method pada pembelajaran Pendidikan sagama Islam ini adalah meningkatkan motivasi belajar dan minat belajar, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan mempermudah pemahaman materi. Sedangkan Dampak Negatif dari Penerapan Game Method pada Pembelajaran Pendidikan Agam Islam Adalah adanya waktu yang terbatas, tidak semua materi bisa diterapkan game method, dan perbedaan kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Game Method, Motivasi belajar, PAI | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year