IMPLEMENTASI METODE BELAJAR MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK UNTUK PERSIAPAN MENULIS DI KOBER USIA 3-4 TAHUN PAUD FATHONAH DESA TALANG PERAPAT KECAMATAN SELUMA BARAT KABUPATEN SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

ANGGRAINI, RERY (2025) IMPLEMENTASI METODE BELAJAR MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK UNTUK PERSIAPAN MENULIS DI KOBER USIA 3-4 TAHUN PAUD FATHONAH DESA TALANG PERAPAT KECAMATAN SELUMA BARAT KABUPATEN SELUMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text (SKRIPSI)
RERY ANGGRAINI_2111250055.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan metode belajar Montessori untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak untuk persiapan menulis di Kober usia 3-4 tahun PAUD Fathonah Desa Talang Perapat Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design menggunakan rancangan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan datanya dengan lembar penilaian observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis data. Hasil penelitian ini yaitu bahwa penerapan metode belajar Montessori dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak untuk persiapan menulis di Kober usia 3-4 tahun PAUD Fathonah Desa Talang Perapat Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. Hal tersebut diketahui dari nilai thitung sebesar 2,578 dan nilai ttabel sebesar 1,697 dengan nilai p sebesar 0,029. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (yaitu 2,578 > 1,697) atau nilai p < 0,05 (yaitu 0,029 < 0,05) maka dapat dikatakan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak untuk persiapan menulis di Kober usia 3-4 tahun PAUD Fathonah Desa Talang Perapat melalui penerapan metode belajar Montessori. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan H0 ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrica198510202011012011UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar Montessori, Motorik Halus, Persiapan Menulis
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:43
Last Modified: 18 Sep 2025 03:43
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year