HARYANI, METI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEPIN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK TK DAARUL HAYAH KOTA PAGAR ALAM. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text (TESIS)
METI HARYANI_2323750007.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan bahasa merupakan salah satu bagian perkembangan yang krusial bagi kehidupan anak. Pada anak usia dini, pembelajaran dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan benda-benda konkrit maupun media pembelajara yang ada di lingkungan sekitarnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Di TK Daarul Hayah Pagar Alam di kelompok B, masih banyak anak yang kurang berani untuk bertanya dan cendrung pasif saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang dilakukan pada umumnya masih bersifat konvensional, media pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi dan kemungkinan kurang menarik minat anak. Media sepin merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh penggunaan media sepin untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di 2 kelas TK Daarul Hayah Kota Pagar Alam pada semester II bulan Februari sampai Maret 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Daarul Hayah Kota Pagar Alam kelompok B. sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 sebagai eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan Wawancara, Obervasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji homogenitas dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan terjadinya Pengaruh dalam penggunaan media SEPIN terhadap kemampuan bahasa anak di TK Daarul Hayah. Dimana diperoleh nilai post-test yang dihitung untuk uji hipotesis ditunjukkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata post test kelompok media SEPIN sebesar 17,5 (tinggi) dan rata-rata nilai posttes kelompok tanpa media SEPIN sebesar 13,9 (sedang) untuk kemampuan bahasa anak.Hal ini dibuktikan dengan analisis uji-t: pada taraf signifikansi = 0,05, nilai kelas eksperimen adalah thitung = 26,077, dan diperoleh t tabel pada dk 13 menjadi ttabel = 2,16037. Perhitungan ini mengungkapkan bahwa thitung>ttable; dengan demikian, temuannya substantif.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Kemampuan Bahasa, Media Sepin | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:59 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year