NURHASANAH, HAFIDZAH (2025) POLA PEMBELAJARAN P5 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BENGKULU TENGAH. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text (TESIS)
HAFIDZAH NURHASANAH_2323540017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola Pembelajaran P5 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti dalam implementasinya, pembentukan karakter peserta didik, faktor pendukung dan penghambat di SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Implementasi P5: a. Pengelolaan pembelajaran (Membentuk Tim kurikulum, membuat KOSP, analisis lingkungan, dan membuat modul ajar). b. Pelaksanaan: Kelas mengaji dan tutor sebaya melalui metode iqro dan qiroati, Menghafal surah pendek dengan metode takrir dan kitabah, Mengahafal 40 hadits dengan metode murojo‟ah. 2) Pola pembelajaran dalam membentuk karakter peserta didik: a. Karakter Beriman, Bertakwa, Dan Berakhlak Mulia: Akhlak beragama (membaca doa sebelum belajar, membaca Al-qur‟an dan hadits disetiap pagi hari, kultum, sholat dzuhur berjamaah), Akhlak pribadi (Rasa sayang, peduli, hormat, menghargai diri sendiri), Akhlak kepada manusia (menghargai perbedaan antar agama), Akhlak kepada alam (melestarikan dan tidak merusak tempat ibadah), Akhlak bernegara (menjaga kerukunan). b. Karakter Berkebhinekaan Global: Mengenal dan menghargai budaya, Komunikasi dan interaksi antar budaya, Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan, dan Berkeadilan Sosial c. Karakter Berfikir Kritis: Berikir kritis dalam belajar membaca Al-qur‟an. 3) Faktor Pendukung Dan Penghambat: a. Faktor Pendukung: (1) Antusias Keaktifan Peserta Didik, (2) Antusias Pendidik yang tinggi (3) Antusias Dukungan Orang Tua (pemberian semangat dan motivasi), (4) Alokasi waktu yang efektif dengan sistem blok, (5) Tercapainya Pogram Proyek P5. b. Faktor Penghambat: (1) Sarana Dan Prasarana kurang memadai (proyektor, LCD, dan wifi), (2) Minimnya anggaran dana, (3) Belum terlaksananya pelatihan kurikulum merdeka secara langsung
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | P5, Pendidikan Agama Islam, Karakter Peserta Didik | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year