OKTAVIA, ACERY (2025) PELAKSANAAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Skripsi)
ACERY OKTAVIA_2111210049.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum Merdeka menekankan asesmen sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran, mencakup asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu, ketiga asesmen telah diterapkan, namun masih dominan pada bentuk tertulis dan hafalan. Variasi bentuk asesmen belum sepenuhnya dimanfaatkan, sehingga belum optimal dalam mengakomodasi gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan pelaksanaan asesmen pada pembelajaran PAI dan untuk mengetahui tantangan dan upaya yang dihadapi guru dalam melaksanakan assesmen pembelajaran PAI pada kurikulum Merdeka di kelas VIII SMP Negeri 16 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan Guru PAI, Waka Kurikulum, dan Siswa kelas VIII, serta dokumentasi dari pihak sekolah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan asesmen pada pembelajaran PAI dalam Kurikulum Merdeka di kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu telah berupaya mengintegrasikan ketiga ranah penilaian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Meskipun masih terdapat keterbatasan pada penjelasan mengenai asesmen sumatif dan pemahaman asesmen diagnostik, secara umum asesmen yang dilakukan sudah sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran fleksibel dan holistik. Namun, terdapat perbedaan antara RPP yang disusun dengan pelaksanaan di lapangan, di mana tidak semua bentuk asesmen yang tertulis dalam RPP benarbenar dilaksanakan oleh guru. Tantangan utama yang dihadapi guru PAI di kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya sarana pendukung, serta perbedaan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. Adapun upaya guru PAI untuk mengatasi tantangan tersebut adalah menambah waktu bimbingan di luar jam pelajaran, memanfaatkan sumber daya lokal sebagai media pembelajaran, memberikan pendampingan individu, serta menjalin komunikasi dengan orang tua. Guna menunjukan guru berusaha menerapkan prinsip fleksibilitas Kurikulum Merdeka dan memastikan asesmen tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga aspek keterampilan dan spiritual siswa, sehingga tujuan pembelajaran PAI dapat tercapai secara lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year