YOGA, EDO ARMA (2025) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA INKLUSI DI SMP FATMA KENANGA KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text (TESIS)
EDO ARMA YOGA-2323540036.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penggunaan media visual dan audiovisual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa inklusi di SMP Fatma Kenanga Kota Bengkulu, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru PAI dan guru pendamping, observasi langsung di kelas, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penggunaan media yang diterapkan sangat adaptif dan berorientasi pada kebutuhan siswa inklusi. Strategi-strategi utama meliputi: (1) visualisasi konsep abstrak melalui gambar dan animasi edukatif; (2) demonstrasi prosedural interaktif menggunakan video tutorial dan peraga fisik; (3) penguatan nilai dan karakter melalui film inspiratif dan cerita audiovisual; serta (4) variasi dan adaptasi media berbasis individualisasi. Implementasi strategi ini terbukti meningkatkan pemahaman konseptual dan praktis siswa inklusi, serta mendorong peningkatan keterlibatan dan penghayatan nilai- nilai agama. Keberhasilan ini didukung oleh ketersediaan fasilitas dan infrastruktur sekolah, kolaborasi tim guru yang solid, dukungan positif orang tua, aksesibilitas sumber daya media digital, dan antusiasme intrinsik siswa. Meskipun demikian, penelitian juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, yaitu keterbatasan waktu persiapan guru, kendala teknis infrastruktur, rentang,faktor pendukungKeberhasilan implementasi strategi ini ditopang oleh beberapa faktor pendukung kunci, meliputi dukungan institusional sekolah dalam penyediaan fasilitas dan akses internet, perhatian siswa yang beragam, heterogenitas kebutuhan khusus siswa, serta keterbatasan pelatihan profesional guru dalam pengembangan media inklusif. Meskipun terdapat tantangan, strategi yang telah diterapkan menunjukkan efektivitasnya dalam menciptakan lingkungan pembelajaran PAI yang inklusif dan responsif
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Visual, Media Audiovisual, Pemahaman Pendidikan Agama Islam, Siswa Inklusi, Strategi Pembelajaran | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:56 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year