Saleha, Nissrina Nuha (2025) UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE STORYTELLING DI PAUD AN-NUR KABUPATEN LEBONG. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (865kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
NISSRINA NUHA SALEHA_2111250103.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Anak Usia Dini umur 5-6 tahun di PAUD An-Nur Kabupaten Lebong memiliki kemampuan berbahasa yang masih dalam tahap perkembangan. Terdapat anak yang belum mampu mengungkapkan pendapat atau cerita secara jelas dan runtut, serta kesulitan dalam memahami dan merespons pertanyaan yang diberikan oleh guru atau teman-temannya, Selain itu beberapa anak juga tampak tidak aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan bercerita, baik sebagai pendengar maupun sebagai penyampai cerita. Di PAUD An-Nur guru berupaya mengembangkan kemam puan berbahasa anak melalui metode storytelling. Penelitian ini bertujuan memahami upaya guru mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui metode storytelling di PAUD An-Nur Kabupaten Lebong. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian dan sumber data primer penelitian ini adalah guru dan anak usia dini 5-6 tahun.Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Upaya guru mengembangkan kemampuan berbahasa anak melalui metode storytelling di PAUD An-Nur Kabupaten Lebong dapat dilihat melalui lima aspek utama yang mencerminkan upaya guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, yaitu, merangsang minat anak dalam berbicara, memperkaya perbendaharaan kata, mengenalkan kalimat cerita,memahami bahasa, mengungkapkan bahasa. Metode storytelling yang guru terapkan dalam pemebelajaran mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak, baik dari segi menyimak, berbicara maupun memahami cerita. Selain itu terdapathambatan yang dihadapi guru seperti perbedaan latar belakang bahasa ibu, kurangnya kepercayaan diri anak serta kondisi emosional anak yang tidak stabil namun hal ini dapat diatasi dengan adanya dukungan dari lingkungan belajar yang kondusif, kreativitas guru dalam mengajar, serta peran aktif sebagian orang tua di rumah, para guru tetap mampu menjalankan perannya dengan penuh dedikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Kemampuan berbahasa anak usia dini, Metode Storytelling | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:38 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year