PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMPN 03 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

Kloudia, Cindi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMPN 03 BENGKULU TENGAH. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text (TESIS)
CINDI KLUDIA_2323540023.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 03 Bengkulu Tengah. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang terlihat dari nilai ujian harian, di mana 40%-60% siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dan melibatkan 64 siswa sebagai sampel yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket minat belajar, angket model pembelajaran TPS, dan dokumentasi nilai Penilaian Tengah Semester (PTS). Instrumen yang digunakan telah melalui proses validasi dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, linearitas, regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 12,319 + 0,914X dan thitung 3,989 > ttabel 1,670, sehingga Ha1 diterima. Selain itu, TPS juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 43,333 + 0,581X dan thitung 3,940 > ttabel 1,670, sehingga Ha2 diterima. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran TPS berpengaruh dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 03 Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorMarhayati, Nelly197803082003122003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Minat Belajar, Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 22 Sep 2025 07:20
Last Modified: 22 Sep 2025 07:20
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year