SARI, MONA LISA DUWI (2025) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PETA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 02 TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MONA LISA DUWI SARI_2111270010_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media visual peta dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 02 Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Latar belakang penelitian berangkat dari temuan pra-penelitian bahwa siswa masih kesulitan memahami materi lokasi tempat tinggal ketika dijelaskan secara lisan, serta guru belum optimal memanfaatkan media peta karena keterbatasan pelatihan dan pemahaman simbol peta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan media peta dalam kelas mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, meskipun sebagian siswa masih mengalami kesulitan membaca simbol-simbol pada peta. Wawancara dengan guru IPS dan siswa mengungkapkan bahwa peta mempermudah pemahaman konsep lokasi, perbedaan wilayah, serta kondisi geografis, namun guru merasa membutuhkan pelatihan khusus agar strategi pembelajaran berbasis peta lebih optimal. Dokumentasi berupa foto kegiatan belajar, catatan pembelajaran, dan dokumen sekolah memperkuat bukti bahwa penggunaan peta mampu meningkatkan minat serta interaksi siswa dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual peta berperan penting dalam membantu siswa memahami konsepkonsep abstrak IPS, khususnya pada materi mengenal lokasi tempat tinggal. Media peta mempermudah siswa dalam memvisualisasikan letak geografis, perbedaan wilayah, dan kondisi alam, sehingga meningkatkan pemahaman, minat, dan daya ingat mereka terhadap materi. Selain itu, peta mampu menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan bermakna dibandingkan metode konvensional yang hanya berpusat pada penjelasan verbal guru. Faktor pendukung efektivitas media peta antara lain ketersediaan fasilitas sekolah,antusiasme siswa, serta kejelasan visualisasi peta yang digunakan. Hambatan yang ditemukan meliputi keterbatasan siswa dalam memahami simbol-simbol peta serta kurangnya pelatihan khusus bagi guru untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran berbasis peta. Temuan ini sejalan dengan perspektif teori kognitif, di mana keterbatasan skema pengetahuan siswa dan beban kognitif tinggi dapat menghambat pemrosesan informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media visual peta efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Media ini tidak hanya memperkuat pemahaman konsep, tetapi juga mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, dukungan berupa pelatihan guru dan pengembangan strategi inovatif berbasis peta sangat diperlukan agar pembelajaran IPS lebih kontekstual, kreatif, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media visual, peta, pembelajaran IPS, pemahaman materi, siswa SMP | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 04:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 04:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year