ANDINI, MIRA (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
MIRA ANDINI_1911280016.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan tersebut juga terjadi di kelas VIII SMP Negeri 9 Bengkulu Selatan. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan pihak guru, menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang ditemui dalam pembelajaran Matematika. Penulis menemukan hasil belajar siswa masih rendah, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa saat diberikan soal tes yaitu hanya 10 siswa yang mendapatkan nilai di atas 75, sedangkan 17 lainnya mendapatkan nilai di bawah itu. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah kurikulum 2013 kurang variatif, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan mencatat, media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara optimal, dan guru menggunakan LKS yang dijual secara umum dengan isi materi selama satu semester, yang isinya sama seperti yang terdapat di buku cetak dan membahas materi secara umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian, yaitu: (1) Uji validator ahli media yaitu 64, dengan persentase 100%, dan kategori skor Sangat Valid; validator ahli bahasa yaitu 22, dengan persentase 91,66%, dan kategori skor Sangat Valid; validator ahli materi yaitu 20, dengan persentase 83,33%, dan kategori skor Valid. (2) Uji kepraktisan yaitu guru kelas VIII hasil keseluruhan skor dari angket respon guru yaitu 12, dengan persentase 100%, dan kategori skor Praktis. (3) Uji keefektifan: perhitungan uji N-Gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score kelas Eksperimen (LKPD berbasis pendekatan metaphorical thinking) adalah sebesar 59,7436 atau 59,74% termasuk dalam kategori Cukup Efektif, dengan nilai N-Gain score minimal 0% dan maksimal 100%. Sementara untuk rata-rata N-Gain score kelas Kontrol (LKS konvensional) adalah sebesar 15,9615 atau 15,96% termasuk dalm kategori Tidak Efektif, dengan nilai N-Gain score minimal 0% dan maksimal 50%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis pendekatan metaphorical thinking cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas VIII SMP Negeri 9 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year