PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

ANDINI, MIRA (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING PADA MATERI GEOMETRI KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BENGKULU SELATAN. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text (SKRIPSI)
MIRA ANDINI_1911280016.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan tersebut juga terjadi di kelas VIII SMP Negeri 9 Bengkulu Selatan. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan pihak guru, menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang ditemui dalam pembelajaran Matematika. Penulis menemukan hasil belajar siswa masih rendah, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa saat diberikan soal tes yaitu hanya 10 siswa yang mendapatkan nilai di atas 75, sedangkan 17 lainnya mendapatkan nilai di bawah itu. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah kurikulum 2013 kurang variatif, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan mencatat, media pembelajaran juga belum dimanfaatkan secara optimal, dan guru menggunakan LKS yang dijual secara umum dengan isi materi selama satu semester, yang isinya sama seperti yang terdapat di buku cetak dan membahas materi secara umum. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian, yaitu: (1) Uji validator ahli media yaitu 64, dengan persentase 100%, dan kategori skor Sangat Valid; validator ahli bahasa yaitu 22, dengan persentase 91,66%, dan kategori skor Sangat Valid; validator ahli materi yaitu 20, dengan persentase 83,33%, dan kategori skor Valid. (2) Uji kepraktisan yaitu guru kelas VIII hasil keseluruhan skor dari angket respon guru yaitu 12, dengan persentase 100%, dan kategori skor Praktis. (3) Uji keefektifan: perhitungan uji N-Gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score kelas Eksperimen (LKPD berbasis pendekatan metaphorical thinking) adalah sebesar 59,7436 atau 59,74% termasuk dalam kategori Cukup Efektif, dengan nilai N-Gain score minimal 0% dan maksimal 100%. Sementara untuk rata-rata N-Gain score kelas Kontrol (LKS konvensional) adalah sebesar 15,9615 atau 15,96% termasuk dalm kategori Tidak Efektif, dengan nilai N-Gain score minimal 0% dan maksimal 50%. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis pendekatan metaphorical thinking cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas VIII SMP Negeri 9 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian198103302023212015UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:39
Last Modified: 24 Sep 2025 01:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year