PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMP NEGERI 06 SELUMA

Downloads

Downloads per month over past year

Wati, Monica Kurnia (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMP NEGERI 06 SELUMA. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (586kB)
[img] Text (TESIS)
MONICA KURNIA WATI_2323540028.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMP Negeri 06 Seluma. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa di Kelas VIII SMP Negeri 06 Seluma dan sampel berjumlah 68 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan Kuisioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji t dan uji R2. Kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas VIII SMP Negeri 06 Seluma dengan nilai signifikansi (sig) (0,026) < (α) 0,05. Beserta dengan variabel kemampuan berpikir kritis (Y1) dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran SAVI sebesar 0,073% dengan tingkat pengaruh sangat rendah. 2) Tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas VIII SMP Negeri 06 Seluma dengan nilai signifikansi (sig) (0,811) > (α) 0,05. Beserta dengan variabel hasil belajar (Y2) dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran SAVI sebesar 0,001% dengan tingkat pengaruh sangat rendah.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAsiyah, Asiyah196510272003122001UNSPECIFIED
Thesis advisorRiadi, Dayun197207072006041002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Berpikir Kritis, Hasil Belajar.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 29 Sep 2025 01:44
Last Modified: 29 Sep 2025 01:44
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year