ANGGRAINI, NADEA DWI (2025) PEMBELAJARAN OUTING CLASS DALAM MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK PAUD TERPADU PERMATA BUNDA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
NADEA DWI ANGGRAINI_2111250010.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Outing class Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak PAUD Terpadu Permata Bunda Kota Bengkulu serta faktor pendukung dan pennghambat dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada anak PAUD terpadu permata bund kota bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif .subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran outing class mampu menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada anak. melalui outing class ke BASARNAS , anak jadi mengetahui betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar karna dalam kegiatan outing class anak diberi pemahaman apa dampak dari banjir akibat sampah, tanah longsor karena hutan gundul. tantangan yang dihadapi guru yakni tingkat kesadaran anak yang masih rendah terhadap lingkungan, ketidak sediaan tempat sampah kegiatan outing class. Adapun Faktor pendukung kegiatan ini adalah antusiasme anak, dukungan guru dan orang tua, serta tersedianya lingkungan belajar yang memadai. dan faktor penghambat meliputi minimnya fasilitas dukungan seperti kotak sampah di lokasi kegiatan, hambatan lainya dari siswa itu sendiri seperti kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru , dan juga anak kurang fokus dalam kegiatan karna lingkungan di dalam kelas memiliki banyak ransangan yang dapat mengalihkan perhatian seperti suara bising, pemandangan baru, atau interaksi dengan teman diluar konteks pembelajaran. Namun hambatan tersebut dapat diatasi guru menyediakan plastik untuk mengarahkan anak agar mengumpulkan sampah pada plastik tersebut dan mengaitkan kembali tentang pemahaman anak tentang dampak membuang sampah sembarangan ,kemudian dengan membuat kelompok kecil agar anak tidak kesulitan dengan lingkungan baru serta lebih memudahkan anak dalam pembelajaran outing class. Dengan demikian kegiatan outing class dapat menjadi salah satu pembelajaran yang dapat menanamkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | outing class, peduli lingkungan, anak usia dini | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year