PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 01 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KINA, DINDA SYAISA (2025) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 01 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
DINDA SYAISA KINA_2111270020.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 01 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka, memahami kendala yang dihadapi siswa dalam penerapannya, serta menilai efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan ada metode kualitatif yang berarti cara untuk memahami fenomena sosial atau perilaku manusia secara mendalam dengan mengumpulkan data berupa kata-kata atau cerita, bukan angka, penelitian ini fokus pada makna dan pengalaman orang dalam situasi nyata, serta interaksi antara peneliti dan peserta. Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka telah berjalan cukup baik dengan dukungan pelatihan, fasilitas, dan komunitas belajar bagi guru. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti adaptasi guru terhadap metode baru dan kurangnya motivasi belajar siswa akibat ketergantungan pada teknologi. Secara umum, penggunaan PBL mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS, meskipun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengatasi hambatan yang ada agar penerapan metode ini semakin efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorismail, Ismail197206112005011002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 01 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka, memahami kendala yang dihadapi siswa dalam penerapannya, serta menilai efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan ada metode kualitatif yang berarti cara untuk memahami fenomena sosial atau perilaku manusia secara mendalam dengan mengumpulkan data berupa kata-kata atau cerita, bukan angka, penelitian ini fokus pada makna dan pengalaman orang dalam situasi nyata, serta interaksi antara peneliti dan peserta. Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka telah berjalan cukup baik dengan dukungan pelatihan, fasilitas, dan komunitas belajar bagi guru. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti adaptasi guru terhadap metode baru dan kurangnya motivasi belajar siswa akibat ketergantungan pada teknologi. Secara umum, penggunaan PBL mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS, meskipun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengatasi hambatan yang ada agar penerapan metode ini semakin efektif.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:34
Last Modified: 01 Oct 2025 03:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5618

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year