KINA, DINDA SYAISA (2025) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 01 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN LENGKAP.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (600kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
DINDA SYAISA KINA_2111270020.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 01 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka, memahami kendala yang dihadapi siswa dalam penerapannya, serta menilai efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan ada metode kualitatif yang berarti cara untuk memahami fenomena sosial atau perilaku manusia secara mendalam dengan mengumpulkan data berupa kata-kata atau cerita, bukan angka, penelitian ini fokus pada makna dan pengalaman orang dalam situasi nyata, serta interaksi antara peneliti dan peserta. Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka telah berjalan cukup baik dengan dukungan pelatihan, fasilitas, dan komunitas belajar bagi guru. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti adaptasi guru terhadap metode baru dan kurangnya motivasi belajar siswa akibat ketergantungan pada teknologi. Secara umum, penggunaan PBL mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS, meskipun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengatasi hambatan yang ada agar penerapan metode ini semakin efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 01 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka, memahami kendala yang dihadapi siswa dalam penerapannya, serta menilai efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan ada metode kualitatif yang berarti cara untuk memahami fenomena sosial atau perilaku manusia secara mendalam dengan mengumpulkan data berupa kata-kata atau cerita, bukan angka, penelitian ini fokus pada makna dan pengalaman orang dalam situasi nyata, serta interaksi antara peneliti dan peserta. Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS di SMPN 1 Kota Bengkulu pada Kurikulum Merdeka telah berjalan cukup baik dengan dukungan pelatihan, fasilitas, dan komunitas belajar bagi guru. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti adaptasi guru terhadap metode baru dan kurangnya motivasi belajar siswa akibat ketergantungan pada teknologi. Secara umum, penggunaan PBL mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS, meskipun masih diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengatasi hambatan yang ada agar penerapan metode ini semakin efektif. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year