MIRKA, DERA BUANA (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA BUKU AKTIF PADA USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) AL-BAROKAH DESA BATU GAJAH KECAMATAN RUPIT. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (281kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
DERA BUANA MIRKA_2111250018.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak usia 3-4 tahun melalui penggunaan media buku aktif di Kelompok Bermain (KB) AlBarokah, Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit. Perkembangan bahasa, khususnya penguasaan kosakata, merupakan aspek penting pada masa golden age anak, yang sangat dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan, khususnya dari guru sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran. Media buku aktif digunakan sebagai alat bantu yang interaktif dan menarik, guna meningkatkan minat anak dalam mengenal dan menggunakan kosakata baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat signifikan dalam merancang kegiatan yang menarik dan edukatif menggunakan buku aktif, memberikan stimulus verbal yang tepat, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Adapun faktor pendukung utamanya adalah minat anak, ketersediaan media, dukungan orang tua, dan kreativitas guru. Namun, terdapat pula beberapa kendala seperti keterbatasan jumlah buku, kerusakan media, keberagaman kemampuan anak, dan keterbatasan waktu. Secara keseluruhan, guru merasakan manfaat positif dari penggunaan media ini dalam pembelajaran bahasa anak usia dini. Penggunaan buku aktif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata anak secara bertahap. Dengan keterlibatan aktif guru, anak- anak menunjukkan peningkatan dalam mengenali, memahami, dan menggunakan kosakata dalam kegiatan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kosakata Anak, Buku Aktif, Usia Dini, Kelompok Bermain | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year