SOPIA, GEBBY (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI BUDAYA LOKAL BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (596kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
GEBBY SOPIA-2111260004.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang terintegrasi budaya lokal Bengkulu untuk membantu para guru atau pun calon guru untuk bisa membelajarkan IPA dengan mengintegrasikasikan budaya lokal Bengkulu. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penerapan pembelajaran berbasis budaya lokal sebagai sarana pelestarian budaya lokal sekaligus media pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data dikumpulkan melalui studi literatur, wawancara, observasi, dan angket yang melibatkan guru IPA serta ahli materi, bahasa dan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kelayakan dilihat dari hasil validasi media dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 83%, untuk hasil validasi bahasa menunjukkan rata-rata yang di peroleh sebesar 80% sedangkan pada validasi konten isi menunjukkan rata-rata sebesar 81% sehingga dapat dinyatakan bahwa panduan guru ini layak untuk digunakan. Selain, itu uji kepraktisan pada panduan ini di peroleh dari 4 sekolah yang berbeda yaitu pada SMP Negeri 5 Kota Bengkulu memperoleh nilai per aspek dengan rata-rata sebesar 90% dan perindikator nilainya 90%. Pada SMP Negeri 20 Kota Bengkulu memperoleh nilai 92% dengan niai rata-rata perindikator 92%. Pada SMP Negeri 18 Kota Bengkulu memperoleh nilai rata-rata per aspek sebesar 87% dengan nilai rata-rata perindikator sebesar 87%. Pada MTS Roudlotur Rosmani Kota Bengkulu memperoleh nilai rata-rata peraspek sebesar 94% dengan rata-rata perindikator 94%. Maka dapat disimpulkan dari permasalahan yang ada bahwa panduan guru dalam pembelajaran IPA terintegrasi budaya lokal Bengkulu sangat praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Budaya Lokal Bengkulu, Guru dan Panduan | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year